Main-main ke desa Gattareng

Oktober 31, 2017

Kali ini jespol jelajah menjelajahi desa gattareng, tepatnya di kec.pujananting kab.barru, event ini bertajuk jespol jelajah barru #trip to gattareng, setelah melakukan berbagai persiapan dan rencana yang matang hingga akhirnya gak masak2, akhirnya kita lanjut juga.

Sabtu, 22 Des 2012
 Semuanya sudah ngumpul dibasecamp Jespol atau tepatnya depan rumahnya Inal . Sebenarnya yang mau berangkat sekitar 14 orang berhubung mereka lagi ada kesibukan dan ada juga yang kurang enak badan akhirnya yang deal hanya 8 orang dan 4 motor, Dan kita pun lepas landas tepat 17.30 wita, Broomm broommmm, eits kita foto dulu sebelum berangkat :)

Kalo yang dibawah foto pas singgah isi tenaga buat motor

semulanya dijalan gak ada halangan, selang beberapa menit hujan mengguyur kota yang indah ini, kitapun singgah di pertamina tanete riaja, untuk melepas magrib dan packing persiapan menembus hujan hehehehe,
Hampir sejam kita melalui jalanan berkelok-kelok, nanjak, turun, hingga akhirnya tepat jam 8.30 malam sampai dipertigaan menuju jalan ke gattareng, belom sampai beberapa tanjakan, si trotoar motor saya mengalami kerusakan alias gak jalan2, dengan sedikit rapat2 kecil, akhirnya kita singgah dirumah warga tepatnya di barang, sekedar menyampaikan ingin menitipkan si trotoar ..

Disana kita kembali berbincang-bincang , kita bonceng 3 atau jalan kaki, setelah berpikir 7 keliling, tikungan 12 kali, akhirnya ketemu juga titik terang,..
Kita akan berjalan bergantian menuju gattareng #TIME TO ROCK

Dimulailah pertempuran melawan medan yang cukup ganas, dan bumi tak henti2nya menangis dengan deras..hehhheeh *Puitiskan, kondisi jalanan menuju kesana, amat2 parah, setelah berjalan sekitar sejaman, beberapa dari kita sudah terlihat capek dan kedinginan…. Tapi semangat yang membuat kita tetap berjalan ciee..ciee.ciee….

Pertengahan tanjakan motor dari sobat pallu mogok pas ditengah tanjakan kira2 75 derajat…. Ampuunn beratnya bukan main.. motor yang penuh tas2 dan badan yang tidak mendukung.. akhirnya didorong oleh 4 orang majuu..maju..majuu…. maju…..

kita pun rehat sejenak,.sambil main2 hujan ciee… beberapa menit kemudian motornya tak kunjung menyala, ada kawan2 yang menyarankan kita nginap disini saja.. soalnya tidak mungkin untuk didorong, dekat tekad yang membara kayak batu bara,, sis didik dan kawan2 mencoba memperbaikinya lagi, dan trengg trengg alhamdulillah Motornya sehat wal afiat.. saatnya melanjutkan ..

Jam 11.00 desa gattareng belom juga terlihat, sedangkan betis sudah mau meledak +dingin hahahhaahah, hahahahahahahah.. jalan..ayoo jalan ayoo jalan.. jalan terus terus..terus..

Tepat jam 12.30 malam, setelah bertarung habis-habisan akhirnya kita sampai didesa gattareng… Halooo Gattareng , Im coming ,Im here… hulalalallalalaalallala….

Sampai disana, cobaan belom juga berhenti.. maksud hati ingin ganti kaos yang sudah basah.. eh..eh..eh.. kaos didalam tas juga ikut basah *meskipun sudah pake coverback aduuhh..

Alhasil semua jadi brrrrr..brrr..brr….. , pertama2 pas datang kita tidurnya diteras rumah.. lama2 ehh..si yang punya rumah bangun.. dan menyuruh kita utk tidur didalam.. dingin pun berkurang seperempat cc, hahahahahahha Alhamdulillah :D
Rumah yang kita tempati nginap, tetangga depan rumah yang dirappokalling nama beliau P.aya.
(beliaulah yang pertama kali menceritakan kita tentang eksotisme gattareng).

Zsssssttt..zssttt semuanya sudah tertidur dan harus tidur *dinginnya minta ampuunn…. Kayak masuk dalam kulkas.. hahahhahaha,

Minggu, 23 des 2012
Kita banguun, dengan serangkaian jelajah untuk pagi ini… Eitss jangan Lupa ngopi2 dulu+sarapan+bincang2 lagi #asal jangki curhat dek hahahhahh

Tepat pukul 10.00 pagi kita semua sudah siap2, dan meluncur kerumah pak desa gattareng untuk melapor dan berbincang2, setibanya dirumah pak desa..eits,..pak desanya lagi keluar ke barru..

kamipun meluncur kerumah pak sekdes, Alhamdulillah kita ketemu juga dengan rumah bapak sekdes dengan bertanya-tanya kepada warga sekitar, sedikit perbincangan tentang maksud kedatangan kita, ingin mengeskplore tempat wisata dan budaya masayarakat sini, dan meminta izin juga tentunya... #Doa restu juga kalee yaa :)

Eitss hampir lupa, kita kenalan dulu, semua ada delapan orang : accul,inal,didik,immank,fathir,anjoenk,pallu,massar, dan satu lagi si bolang dari gattareng atau bisa  dibilang juga tetangga dirappokaling dulu Si KIKI namanya, si bocah ini yang mengantar kita kiri kanan, thanks dek

Setelah dari rumah sekdes, kita langsung tancap gas ke objek wisata yang akan kita kunjungi yaitu air terjun kelo, yang terletak di dusun lempang desa gattareng, akses kesana cukup lumayan menguras keringat, but suasana alamnya muantaaap dah, lihat dibawah saja :)

Nah,. kalo foto yang dibawah, kurang tau namanya ini air terjun apa... kita singgah saja dulu foto2 sekaligus rehat sejenak :)

Jalan terus, melewati hujan dan hutan purba katanya , soal pemandangannya jangan ditanya super sekali kata mario teguh, hutan hijau yang terhampar, pohon2 berusia ratusan tahun.. deru air,. Pokoknya sempurna.

setelah berjalan ,mendaki, melewati lembah(kayak lagu) yang cukup lama, akhirnya kita sampai juga di AIR TERJUN KELO,dusun lempang,desa gattareng dan eksotismenya membuat mulut bilang Wowww.

Dibawah foto2 di air terjun kelo...

Tepat 2.30 kita kembali ke desa, dengan semangat 2012, kita abadikan lagi karena jalan datang, beda jalur dengan jalan pulang :)

kita sempat singgah dirumah salah seorang warga, warga disini ramah dan murah senyum, kita disugukan kacang bakar beberapa piring,dengan perut yang sudah rocknroll kirikanan,..tanpa pikir panjang Serbuuu.. setelah lama berbincang, kita pamit sama bapak.. eh..eh..eh.. si inal malah minta kacangnya bisa dibungkus gak pak? Sibapak bilang iya silahkan nak… *ada2 saja anak yang satu ini.hahhahahaha (sepanjang perjalanan kita diguyur hujan).

Wah..wah..wah.. kita sampai dibasecamp awal gattareng rumah p.aya , disini sudah menunjukkan jam 3.30.. aduhhh, belom lagi makan siang.. padahal masih ada yang mau kita kunjungi, yaitu makam purba didesa ini, alhasil kita diskusi2 lagi mau kesana dulu atau langsung balik…  setelah cuap kanan,cuap kiri.. ketemu juga titik terang, kita kesana kalau medan gak memakan waktu yang lama, kalo lama.. kita terus pulang .. #back to home at barru.

tidak lupa kita pamit dulu sama si kiki dan bapaknya ,terimakasih yaaa.

Ternyata tempatnya jauh sob, Yaa mau gimana lagi kita terus saja… pulang soalnya takut kemalaman lagi, mana jalanan ekstrim, dan belum lagi motor saya sitrotoar mau dijemput dibawah tepatnya dibarang, waktu pulang gak terlalu makan tenaga kok, soalnya lebih banyak turunan #ahh.. mudah cie…ciee.cciee baru pingsanjie hahahhaah

Akhirnya sampai juga dibarang, tempat motorku menginap.. setelah terimakasih dan pamit sama yang punya rumah kita bergegas berangkat, waktu menunjukkan jam 8.00 malam, perjalanan pun dimulai.. didik dan masyar yang bertugas mendorong motor yang berat dan orangnya yang juga berat hahahhaahahah….
Hujan semakin deras, tenaga pun ikut terkuras, dorong..dorong,pas dapat tanjakan..biasa.. eh..dapat lagi yang agak naik.. mulai payah,.. eh..pas dapat yang ekstrem.. dorong manual deh.. Betis mana betisku…. Ampuuuunnggaaa… hahahahahahh, hidup itu gak mudah yaa sob (apa hubungannya sama dorong motor ).

Setelah mendorong dan berhujan-hujanan di dinginnya malam yang cukup memakan tenaga yang super banyak , akhirnya kita  istirahat sejenak untuk minum kopi dipertamina tanete riaja… atau bisa dibilang saatnya nyantai sob hahahhhah, ternyata yang mendorong tadi… jrenggg..jrengg..jrengg betisnya bergetar hahhahah kayak habis dapat kekuatan hahahhahha.
Setelah dari istirahat kita melanjutkan dan pulang.. akhirnya kita sampai juga dirumah masing2, waktu pada saat itu menunjukkan tepat jam 12.10 malam. #petualangan pun berakhir untuk desa gattareng,. Dan siap melajutkan trip berikutnya.
Ehh.. hampir ada yang kelupaaa, kita juga ada charity kok, tetap berbagi dan berjelajah.. jadi disana kita bagiin kaos2 yang masih layak pake’ (Semoga bermanfaat yaa).

Pokoknya kita makasih banyak buat sobat dan kawan2 atas doa dan dukungannya, dan kita juga makasih buat pencipta alam semesta ini, yang menciptakan alam begitu indah, dan memberikan kita kesehatan sampai saat ini,..

Terimakasih dan berbahagialah.
sudah menyempatkan membaca dengan tutur bahasa yang masih jauh dari sempurna.